Kupang-ItdaProv NTT ; Kesenian merupakan bagian dari kebudayaan dan juga merupakan sajian warisan leluhur yang telah ada turun temurun. Dengan laju perkembangan jaman kesenian juga sangat beragam mulai dari kesenian tradisional sampai pada kesenian modern dan kreasi baru. Dengan begitu kesenian yang saat ini berkembang maka dirasa perlu untuk terus menerus dilakukan pembinaan dan pemeliharaan agar kesenian yang dimiliki Nusa Tenggara Timur dapat dikembangkan serta dipertahankan  kelestariannya,. Hal ini dilakukan agar kesenian peninggalan leluhur tidak mengalami kepunahan melainkan berkembang baik dan terpelihara.

Dalam rangka mendukung kemajuan Kebudayaan di Nusa Tenggara Timur, UPTD Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kesenian daerah melalui Workshop Kesenian Daerah yang dilaksanakan pada Senin, 20 Juni 2022 dihadiri oleh Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dekranasda, SatPol PP Provinsi. NTT, BKD Provinsi NTT dan Inspektorat Provinsi. NTT serta para seniman, pelaku seni, komunitas seni dan ketua-ketua sanggar seni se-kota Kupang.

Salah satu upaya  untuk mempertahankan dan mengembangkan kesenian yang ada di Nusa Tenggara Timur UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  memprogramkan kegiatan Worskhop Kesenian Daerah dengan melibatkan beberapa unsur yang terdiri dari unsur Guru Seni, Pelajar, Mahasiswa, para Pelaku Seni, Komunitas atau juga Sanggar- sanggar Seni dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu kesenian di Nusa Tenggara Timur.

Foto bersama para undangan Workshop dan seniman (Dok. Itda Prov.NTT)

Maksud dan tujuan dari kegiatan workshop ini adalah :

  1. Mengasah dan mengembangkan potensi serta keahlian peserta, memberi kontribusi dalam mengembangkan dan pengayaan karya-karya seni di NTT.
  2. Memfasilitasi peserta workshop dalam ajang festival pagelaran pertunjukan dan ajang-ajang bergengsi lainnya.
  3. Menjadikan sarana pendidikan dan pelatihan untuk berkolaborasi dan pembelajaran konsep-konsep baru dalam bidang seni yaitu seni tari, musik, lukis dan teater.
  4. Merintis lahirnya para seniman baru seperti koreografer, para musisi atau komposer, sutradara dan perupa.
Persembahan tarian dari sanggar tari (Dok. Itda Prov.NTT)

Kegiatan  ini diharapkan dapat memfasilitasi peserta workshop dengan pengetahunan dan ketrampilan serta teknik-teknik modern yang dapat berkreasi dan berinovasi dalam rangka mengikuti ajang-ajang seperti festival, panggelaran, pertunjukan ajang bergengsi lainnya dapat menjadi sarana pelatihan untuk berkolaborasi dan pembelajaran konsep baru dalam bidang seni, musik, lukis dan teater. Salam budaya (Dce)

By admin