Kupang. Itda Prov NTT. Pada tahun anggaran 2021 dilakukan sertifikasi ISO 9001:2015 kepada 29 Perangkat Daerah lingkup Provinsi NTT. Salah satu Perangkat Daerah tersebut adalah Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sejak awal persiapan Audit telah dilakukan pendampingan oleh Tim Pendamping Inspektorat Daerah Provinsi NTT yaitu Inspektur Pembantu II Frederik CP. Koenunu, ST.,MH, Auditor Madya drh. Soffy S. Widarti, MP dan Fungsional Umum Stefanie D.A. Hake, S.Ak. Pendampingan awal dilakukan pada tanggal 12 dan 21 Juli 2021 melalui zoom meeting bersama dengan perwakilan dari PT Kokek yaitu Bapak Mokhammad Rokhim. Tujuan dari pendampingan  adalah untuk mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan saat Audit SMM ISO 9001:2015.

Tanggal 9 Agustus 2021 adalah jadwal pelaksanaan Audit SMM ISO 9001:2015 oleh Tim Audit Eksternal Badan Szutest melalui PT Kokek yang diwakili oleh Bapak Rudi Wijaya. Opening Meeting dimulai dengan ucapan selamat datang oleh Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan harapan agar Audit dapat dilaksanakan dengan lancar dan Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi berhasil mendapatkan Sertifikat SMM ISO 9001:2015. Dalam sambutannya Inspektur Pembantu II mengucapkan selamat melaksanakan kegiatan Audit dan berharap segala persiapan yang telah dilakukan bersama dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Bapak Rudi Wijaya dalam penjelasannya mengatakan bahwa Audit dilaksanakan dengan metode sampling melalui cek dokumen, observasi dan interviu.

Opening Meeting (by Soffy)

Audit dilaksanakan sesuai dengan Audit Plan yang telah ditetapkan dengan melakukan interviu kepada Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sekretaris dan para Kasubag, Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi dan para Kepala Sub Bidang; Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UKM dan para Kepala Sub Bidang; Kepala Bidang Ketenagakerjaan dan para Kepala Sub Bidang; dan Kepala Bidang Ketransmigrasian dan para Kepala Sub Bidang. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan dokumen-dokumen yang disyaratkan dan observasi pendukung lainnya.

Sesi Interviu kepada Kepala Bidang Ketransmigrasian dan para Kepala Sub Bidang. (by Soffy)

Pada acara Closing Meeting disampaikan beberapa temuan oleh Tim Auditor terhadap pelaksanaan Audit atas Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Terdapat 4 (empat) Improvement dan 1 (satu) Temuan Minor. Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi berkomitmen untuk melakukan perbaikan atas 4 (empat) Improvement dan 1 (satu) Minor. Pada akhir Audit disampaikan oleh Tim Auditor bahwa Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah memenuhi persyaratan Audit SMM ISO 9001:2015 sehingga dinyatakan lolos dan berhak mendapat Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISI 9001:2015. #NTTbangkitNTTsejahtera# (Sf).

Closing Meeting. (by Soffy)

By admin