Kupang, Senin (03/08/2021) Inspektorat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan reviu terhadap Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah Perubahan (RKPD-P) Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2021. Hal ini sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri  Nomor 10 Tahun 2018 tentang Reviu Atas Perencanaan Pembangunan dan Anggaran Daerah Tahunan, yang intinya bahwa tahapan reviu dilakukan oleh APIP daerah provinsi untuk daerah provinsi.

Rapat tim di pimpin oleh Inspektur Pembantu IV Enny C. Ndapamerang, S.Sos., M.M di ruang rapat Irban IV (Selasa, 3 Agustus 2021)

Kegiatan reviu dimulai dengan rapat tim bertempat di ruang Inspektur Pembantu IV yang dipimpin oleh Inspektur Pembantu IV Enny C. Ndapamerang, S.Sos.,M.M selaku pengendali teknis, yang didampingi ketua tim,Feronika Naatonis, S.T.,M.Eng. Dalam arahan Enny mengajak kepada seluruh anggota tim yang terlibat agar bisa bekerja dengan baik, memanfaatkan waktu yang ada karena tugas kita terhitung mulai tanggal 02 Agustus 2021, sedangkan berkaitan dokumen Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah Perubahan (RKPD-P) Tahun 2021 sudah dikirim oleh Bappelitbangda Provinsi NTT, jika ada dokumen/atau  data yang kurang dapat berkomunikasi dengan Kasubag yang menangani untuk kelancaran  tugas reviu ini.

Selanjutnya dijelaskan Enny, pada bulan Juni 2021 telah dilakukan reviu atas Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi NTT Tahun 2022 dan sekarang kita dipercayakan untuk mereviu Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah Perubahan (RKPD-P) Tahun 2021, sasaran reviu dalam kegiatan tersebut meliputi hal-hal yang berkaitan dengan  kesesuaian informasi, dan kesesuaian perumusan dokumen, serta rekomendasi perbaikan/penyempurnaan atas kelemahan/kekurangan yang ditemui selama reviu dan format-format yang digunakan tetap berpedoman pada Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2018 tentang Uraian Perencanaan Reviu, Pelaksanaan Reviu  dan Pelaporan Reviu. Rekomendasi APIP akan ditindaklanjuti sebelum dokumen Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinis NTT Tahun 2021 dikirim ke Kementerian Dalam Negeri. Pelaksanaan reviu dimulai tanggal 02 sampai dengan 09 Agustus 2021 sesuai Surat Tugas Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor: IP.709/221/ST/K/2021 tanggal 02 Agustus 2021.

Secara teknis pelaksanaan reviu Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah Perubahan (RKPD-P) Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2021, memerlukan dokumen berupa Rancangan Awal/Akhir Perubahan RKPD Tahun 2021, RPJMD, RPJMN, SK.Tim Penyusun, hasil evaluasi tahun sebelumnya, Berita Acara Musrengbang dan laporan hasil pengendalian kebijakan penyusunan RKPD dan dokumen lainnya, sebagaimana disampaikan oleh Feronika Naatonis, S.T.M.Eng Auditor Madya selaku Ketua Tim.

Tim Reviu dipimpin oleh dalnis dan di damping oleh ketua tim dan anggota tim melakukan exit briefing bersama Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT Drs. Cosmas Lana, M.M di ruang kerjanya (Selasa, 10 Agustus 2021) By Dar 2021

Setelah selesai reviu rancangan akhir RKPD Perubahan Provinsi NTT Tahun 2021, selasa (10/8/2021) Tim Inspektorat Daerah Provinsi NTT melakukan exit brefing yang diterima langsung oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi NTT Drs. Cosmas Lana, M.M yang didampingi Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Sherley S. Wila Huky, S.T.,M.T selanjutnya tim memaparkan hasil reviu dengan beberapa catatan yang perlu mendapat perhatian untuk dilakukan penyesuaian.

Dalam pertemuan tersebut, Cosmas memberikan tanggapan secara lisan terkait hasil reviu APIP dan tanggapan tertulis akan disampaikan. Selanjutnya  mengharapkan Laporan Reviu RKPD Perubahan Tahun 2021 yang dihasilkan benar-benar menjadi bahan koreksi dan khususnya terhadap catatan-catatan atau rekomendasi dari hasil reviu akan disesuaikan” ujar Cosmas.

Tim Reviu Rancangan Akhir RKPD Perubahan Provinsi NTT Tahun 2021 Enny C. Ndapamerang, Feronika Naatonis, Mukhdar Karaeng, Nur Aini, Klara M,Kelen, Adrianus D.Yanto, Romoaldus Koli Weking, Fahmi Rahman Balety, M.Y.Natalia Meo Siga, Markus Moses dan Elfy Selfiana Lenga  (MK,EN).

#nttbangkit #nttsejahtera #InspektoratDaerahProvinsiNTT

By admin